jenis-jenis website

5 Jenis Website Paling Populer

Saat ini banyak orang yang mulai sadar tentang pentingnya sebuah website. Website banyak digunakan mulai dari untuk branding, profiling, sampai untuk meningkatkan minat calon konsumen sehingga lebih mempercayai produk yang ditawarkan. Bahkan sekarang banyak diantara mereka yang platform tempat kerja atau jualan produknya hanya ada di website (Virtual Office).

Website merupakan media tercepat dan terluas untuk menyampaikan sebuah informasi. Bahkan menurut Statista, masyarakat Indonesia menjadi salah satu pengguna internet  terbanyak di dunia. Penggunaan internet di tahun 2020 saja bahkan mencapai 199 juta pengguna.

Statistic: Number of internet users in Indonesia from 2015 to 2025 (in millions) | Statista
Find more statistics at Statista 

Mereka semua tentu memiliki akses yang sangat besar terhadap website. Website yang ada dapat menyajikan berbagai informasi mengenai profil perusahaan, profil lembaga pendidikan, profil komunitas, kegiatan organisasi, media berbagi pengetahuan, berita, dan lain lain. Website tidak hanya dapat digunakan oleh perusahaan atau lembaga besar saja, tetapi banyak digunakan oleh kalangan kecil dan menengah sebagai media promosi yang hemat sekaligus menampilkan profesionalitas lembaga.

Selain itu kebutuhan akan website sudah menjadi kebutuhan penting bagi sebuah perusahaan, dimana proses kerja perusahaan akan semakin terbantu dan lebih efektif dan efisien. Dengan demikian, perusahaan ataupun lembaga yang memiliki situs web profesional dengan domain sendiri cenderung di anggap lebih bonafide, sementara iklan di media massa, kop surat, sampai kartu nama usaha yang mencantumkan alamat situs web cenderung dinilai lebih memiliki integritas dan lebih profesional.

Info: Soal web membantu membuat sebuah situs web yang sesuai dengan Goals dari Soalweb Rangers.

Berikut ini beberapa jenis website yang populer dan sering dipakai di Indonesia:

  1. Company Profile (Perusahaan)

Jenis website Company Profile cocok digunakan untuk sebuah perusahaan baik skala kecil maupun besar. Website jenis ini biasa digunakan untuk profiling dan menampilkan informasi tentang perusahaan. Website Company Profile tidak banyak menampilkan produk, biasanya berfokus untuk memperkenalkan perusahaan kepada pengunjung seperti profil perusahaan, layanan (perusahaan jasa), maupun sebatas memperkenalkan portfolio. Cocok untuk perusahaan, komunitas, organisasi, maupun yayasan.

Contoh website company profile:

https://www.agungpodomoroland.com/

  1. Online Shop (Toko Online)

Website jeni Online Shop cocok digunakan untuk kita yang ingin menampilkan produk agar bisa menjangkau pasar yang luas tanpa batasan wilayah dan tempat. Cocok untuk segala keperluan, baik sebagai tempat untuk display untuk memajang produk-produk usaha hingga untuk melakukan transaksi secara online.

Contoh website Online Shop:

https://www.jakartanotebook.com/
  1. Web Personal (Pribadi)

Web Personal dengan tema pribadi sangat cocok untuk kita yang bergelut di dunia entertain, politik, maupun untuk personal branding. Website bisa menjadi sarana untuk meningkatkan popularitas. Terlebih dengan sistem online yang bisa di akses dimanapun dan kapanpun yang pastinya sangat membantu pengguna internet di seluruh Indonesia bahkan dunia untuk mengetahui informasi lebih tentang personal.

Contoh website personal:

  1. Blog

Website jenis blog adalah sebuah catatan-catatan pribadi yang disimpan secara online dan umumnya bersifat terbuka bagi siapa saja yang ingin membacanya. Bisa juga berisi kutipan dari sumber lain yang sengaja dipublikasikan kembali dalam satu tempat. Blog juga sama dengan situs-situs atau website lainnya. Materi dan konten merupakan kebebasan penuh dari sang pembuat blog. tentu saja sangat disarankan lebih ke arah membagi pengetahuan yang bermanfaat. Blogger sendiri di Indonesia sekarang sudah menjadi suatu profesi yang cukup menjanjikan.

Contoh website blog:

https://dzofar.com/
  1. News (Portal Berita)

Website Portal Berita cocok digunakan untuk kita yang ingin menampilkan informasi kepada pengunjung tentang berita-berita yang telah kita rangkum dan update. Dengan tampilan khusus berita, kita dapat memberikan informasi menampilkan berita.

Contoh website news:

 www.portalpantura.com

Demikian jenis-jenis website yang paling populer digunakan. Tentukan dan pilih websitemu berdasarkan tujuan kamu membuatnya. Website yang bagus dan memiliki konsep akan sangat powerfull dalam membantu tujuan kita.

Update terus informasi soal website hanya di soalweb.com.

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Yuk sharing! Jangan lupa komentarx
()
x
Kirim Chat
Konsultasi Gratis!
Hubungi Kami!
Yuk Konsultasi Gratis!
Boleh tanya-tanya dulu.